Selasa, 19 Juni 2012

MODAL VENTURA


LEMBAGA KEUANGAN BUKAN BANK (LKBB)
MODAL VENTURA





Nama   : Ahmadi
Nim     : 06.23.006
KEUANGAN DAN PERBANKAN SYARIAH
SEKOLAH TINGGI EKONOMI ISLAM HAMFARA
JOGJAKARTA
2011
LEMBAGA KEUANGAN BUKAN BANK (LKBB)
MODAL VENTURA
A.    Pendahuluan
         Perusahaan Modal Ventura (PMV) keberadaan bisnisnya termasuk bisnis yang belum diatur dalam Undang-undang meskipun bisnis ini di indonesia telah ada sejak tahun 1973. PMV memiliki sejarah yang cukup panjang dan dalam perkembanganya cukup berperan dalam perkembangan ekonomi moderen dan khusus di indonesia merupakan usaha yang relatif muda dan perkembanganya relatif lamban.
         Keberadaan modal ventura secara yuridis dikenal sejak dikeluarkanya kepres 61/1988 tentang lembaga pembiayaan dan Surat keputusan mentri keuangan No. 1251/KMK.013/1988 tentang ketentuan dan tatacara pelaksanaan lembaga pembiayaan. Namun embrio pembiayaan modal ventura lahir sejak didirikan PT Bahana Usaha Indonesia berdasarkan PP No. 18 th 1973. Pada tahun itu sahamnya dimiliki oleh pemerintah (departemen keuangan dan Bank Indonesia), dengan tujuan :
1.      Menumbuhkan dan merangsang pengusaha-pengusaha kecil dan menengah, serta memberikan berbagai macam bantuan yang diperlukan dengan tetap mengacu pada kaidah-kaidah berusaha yang sehat.
2.      Membantu pengembangan usaha kecil dan menengah dengan cara :
a.       Turut serta sebagai penyertaan modal pada perusahaan yang didirikan
b.      Mengidentifikasi proyek dan membantu menyusun feasibility studies perusahaan
c.       Menyediakan dana dan SDM serta membantu dalam pemasaran
         Pada dasarnya bisnis itu pasti memiliki risiko, besar kecilnya risiko tergantung dari besar kecilnya usaha, selain kondisi eksternal yang diluar kemampuan perusahaan. Praktiknya dijumpai dalam komunitas usaha kecil, ada yang tidak sanggup meneruskan usahanya, ada pula yang gagal/berhenti karena pemiliknya meninggal dan tidak ada anggota yang mampu meneruskan usahanya.
            Secara teoritis Modal Ventura mempunya potensi yang besar untuk memberikan kontribusi dalam pengembangan bisnis. Perusahaan yang mempunyai prospek bagus, tetapi tidak mempunyai cukup modal dan tidak mempunyai akses ke perbankan, dapat berkembang dengan memperoleh dukungan dari modal ventura. Inovasi baru dalam bidang teknologi dapat lebih mudah terlaksana jika mendapat dukungan dari ventuara capital sebagai mana pengalaman diberbagai negara.
B.     Pengertian modal ventura
         Istilah ventura berasal dari kata venture secara harfiah berarti sesuatu yang mengandung resiko/usaha, modal ventura/venture capital adalah modal yang ditanamkan pada usaha yang mengandung risiko.
         Pada dasarnya modal ventura adalah bentuk pembiayaan dengan penyertaan modal ke dalam sebuah perusahaan. Dalam hal ini perusahaan yang memberikan dana menyertakan modalnya ke dalam sebuah perusahaan tertentu dalam jangka waktu tertentu.
         Tony lorenz (combridge, 1985) : Modal ventura adalah investasi jangka panjang dalam bentuk pemberian modal yang mengandung resiko dimana penyedia modal (venture capitalist) mengharapkan capital gain.
         Clinton richardson (antario, 1987) : Modal ventura adalah dana yang di investasikan pada peruahaan atau individu yang mempunyai  risiko tinggi.
         Robert white (Nasdic Institute, 1990) : Modal ventura adalah bisnis pembiayaan untuk memungkinkan pembentukan dan pengembangan usaha-baru dibidang teknologi maupun non teknologi.
             Arief (1994) : Modal ventura adalah bentuk pernyataan modal atau sejenisnya kedalam suatu PPU yang ingin mengembankan usahanya dengan melakukan ekspansi, namun tidak mempunyai kemampuan untuk memperoleh pembiayaan, baik dari bank maupun pasar modal.
            Soemitro Djojohadikusumo (1994) : Modal ventura adalah suatu usaha dibidamg pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal kedalam suatu PPU.
            Menurutt Arthur young Modal ventura didefinisikan sebagai resiko jika perusahaan mempnyai prospek yang baik, tetapi belum dapat mewujudkan harapan itu karena tidak mempunyai uang, maka keadaan ini menarik minat pemodal ventura.
            Sesungguhnya perlu disadari bahwa Modal ventura serta usaha kecil dan menengah merupakan dua sisi yang saling membutuhkan. Bagi usaha kecil menengah kehadiran Modal ventura merupakan salah satu sarana untuk mengembangkan usaha, sedangkan bagi PMV, usaha kecil dan menengah merupakan peluang bisnis.
            Bila menyimak surat keputusan presiden nomor 61 tahun 1988, perusahaan Modal ventura didefinisikan sebagai : badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal kedalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan (Investee company) untuk jangka waktu tertentu.
PPU adalah perusahaan/usaha yang memperoleh pembiayaan dalam penyertaan modal dari PMV (perusahaan modal ventura)
Divestasi adalah penarikan kembali penyertaan modal yang dilakukan oleh PMV dari PPU.
            Dapat disimpulkan bahwa pengertian modal ventura adalah sebagai pembiayaan yang memiliki risiko tinggi. Pembiayaan modal ventura berbeda dengan bank yang memberikan pembiayaan berupa pemberian fasilitas kredit, sedangkan modal ventura memberikan pembiayaan dalam bentuk penyertaan langsung kedalam perusahaan yang dibiayai.
C.    Kegiatan modal ventura
            Kegiatan Modal ventura dilakukan dalam bentuk penyertaan modal kedalam suatu PPU sesuai dengan keputusan menteri keuangan No. 1251/KMK.013/1988 untuk :
1.      Pengembangan suatu penemuan baru.
2.      Pengembangan perusahaan pada tahap awal usahanya mengalami kesulitan dana.
3.      Membantu perusahaan yang berada dalam tahap kemunduran usaha.
4.      Membantu perusahaan yang berada dalam tahap pengembangan.
5.      Pengembangan proyek penelitian dan rekayasa.
6.      Pengembangan berbagai teknologi baru dan alih teknologi baik dari dalam maupun luar negeri.
7.      Membantu pengalihan pemilikan perusahaan.
            Penyertaan modal dalam setiap PPU bersifat sementara dan tidak boleh melebihi jangka waktu sepuluh tahun dan penarikan kembali penyertaan mdal (divestasi) oleh PMV dalam segala bentuknya dilaporkan kepada menteri keuangan selambat-lambatnya tiga bulan setelah dilaksanakan.

D.    Mekanisme kerja modal ventura
            Modal ventura merupakan suatu proses yang merupakan gambaran arus investasi dari masuknya pemodal dengan membentuk pool of founds, pembiayaan pada PPU, hingga penarikan kembali. Modal ventura dikenal secara profesional untuk di investasikan pada perusahaan yang butuh modal. Oleh karena itu dalam modal ventura terdapat pihak yang terlibat langsung sebagai berikut :
1.      Pemilik modal, sebagai pihak yang menginginkan keuntungna tinggi dari modal yang ditanamkanya.
2.      Profesional, sebagai pihak yang menyertakan keahlianya dalam berinvetasi.
3.      Perusahaan, sebagai obyek yang membutuhkan modal.
            Pembiayaan modal ventura diterapkan disetiap negara yang terdiri dari dua jenis :
1.      Modal ventura yang langsung dikelola oleh manajemen PMV yang mendirikan perusahaan tersebut atau singel tier approach.
2.      Modal ventura yang pengelolaanya diserahkan kepada perusahaan manajemen investasi yang profesional atau model two tier approach
E.     Tujuan modal ventura
Tujuan utama modal ventura berorientasi untuk meraih keuntungan yang dapat dirinci :
1.    memungkinkan dan mempermudah berdirinya perusahaan baru.
2.    membantu membiayai perusahaan yang sedang mengalami kesulitan dana untuk pegembangan usahanya, terutama pada saat awal pendirianya.
3.    membantu perusahaan pada tahap pembangunan atau ketika mengalami kemunduran
4.    membantu mewujudkan meningkatkan dari bahan baku menjadi produk setengah jadi dan selanjutnya menjadi produk jadi.
5.    Mempermudah investasi dalam dan luar negeri.
6.    Mendorong pengembangan proyek research and development.
7.    Membantu pengembangan tehnologi baru dan memperlancar terjadinya alih tehnologi.
8.    Membantu dan memperlancar pengalihan kepemilikan suatu perusahan.
F.     Kendala pengembangan modal ventura (Arief, 1994)
1.      Budaya bisnis
Sebagian besar pelaku bisnis UKM adalah bisnis keluarga sehingga semua keputusan dan pengoprasian perusahaan sangat bergantung pada pendiri atau pemilik selain anggota keluarganya yang tertutup terhadap pihak luar. Sikap ini akan berpengaruh pada perkembangan industri kecil dan menengah di indonesia karena kehadiran Modal Ventura terganggu.
2.      Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Terjadi karena penggunaan teknologi industri kecil dan menengah masih sederhana dan tergolong padat karya. Menjadikan penyebab sulitnya mengambil peran dalam pembiayaan pada tahap development stage.
3.      Kualitas manajemen
Kelemahan industri kecil dan menengah di indonesia adalah terbatasnya modal dan lemahnya kemampuan serta keterampilan manajaemen.


4.      Divestasi
Divestasi merupakan tahap ahir dari keterlibatan PMV dalam PPU ketika PMV yang telah menyertakan modal saham dan ikut dalam manajemen harus keluar dari PPU, menghendaki agar saham PMV dan PPU lainya dijual kepadanya atau keluarganya
G.    Pola pembiayaan modal ventura
Ada beberapa pola pembiayaan (budi rachmat, 2005)
1.      Pembiayaan lansung
                   PMV memberikan pembiayaan
                   Kerjasama menguntungkan
·         Pola kerja sama ini adalah pola pembiayaan langsung dari PMV terhadap satu perusahaan atau individu
·         Calon PPU dapat berbentuk CV, firma, UD, usaha perorangan, atau sebuah perseroan terbatas.
·         PMV bekerjasama dengan pihak ketiga untuk membantu memberikan jasanya (audit, hukum, konsultan, magang kerja, job trainig)
2.      Pembiayaan lansung dengan franchise
Pembiayaan
Hubungan bisnis
Kerja sama menguntungkan
·         Pola kerjasama ini adalah pola kerjasama langsung dari PMV terhadap franchise dari suatu produk atau jasa
·         Franchise memperoleh bantuan teknis dan menajemen dari franchisor, dan untuk itu franchisor memperoleh fee
·         PMV bekerjasama dengan pihak ke tiga untuk memberikan jasanya (audit, pelatihan, hukum, magang kerja, konsultan)
3.      Inti plasma
PMV memberikan pembiayaan
Perusahaan inti mengkordinasi para plasma
PMV dengan perusahaan inti membentuk kerjasama
·         Pola pembiayaan ini adalah pola pembiayaan kepada plasma yang melibatkan perusahaan inti
·         Kerjasama antara PMV adalah segi kualita, manajemen, produksi
·         Bantuan yang diberikan kepada plasma
ü  Untuk membiayai proyek utama
ü  Untuk menciptakan usaha baru


4.      Pola payung
PMV memberikan pembiayaan
Hubungan kepemilikan dan bisnis
·         Pola kerjasama ini adalah pola pembiayaan kapada para pengusaha atau petani sejenis dengan membentuk perusahaan payung.
·         Perusahaan payung tersebut dimiliki oleh para pengusaha/petani sejenis bersama PMV dan/atau perusahaan yang telah memiki jaringan
·         Perusahaan payung tersebut dikelola oleh para profesional yang bukan dari bagian pemilik
·         Perusahaan payung tersebut dapat berfungsi sebagai treading house, pemrosesan lanjutan untuk mendapatkan nilai tambah produk, membeli bahan baku agar bahan-bahan yang diperoleh seragam, pengemasan, memberikan bantuan teknik manajemen
·         Manfaat terbesar yang dapat diperoleh para pengusaha/petani adalah meningkatnya daya saing mereka terhadap para pembeli, pesaing, dan suplier serta memberi nilai tambah atas produk




5.      Kemitraan
Kerja sama yang saling menguntungkan
Hubungan bisnis
PMV memberikan pembiayaan
·         Pla kerjasama ini adalah pola pembiayaan kepada pemasok yang melibatkan pengusaha besar
·         Kerjasama antara PMV dengan pengusaha besar dimaksutkan untuk membantu kemajuan pemasok yang ahirnyamemberikan nilai tambah kepada pengusaha itu sendiri
·         Dalam kerjasama diharapkan pengusaha besar menjadi penjamin pasar, manajemen mutu produk dihasilkan oleh spplier
H.    Pembiayaan modal ventura dengan sistem syariah
Instrumen pembiayaan syariah itu antara lain :
1.    Al-musyarokah untuk pendirian usaha atau proyek
Pemilik modal dalam musyarokah adalah dua pihak atau lebih, keuntungan dan kerugian usaha atau proyek dinikmati atau ditangung bersama-sama sesuai dengan porsi atau profit/loss sharing yang ditetapkan dalam kesepakatan/perjanjian awal.
2.    Al-mudhorobah untuk pembiayaan usaha atau proyek dapat disejajarkan dengan instrumen pembiayaan obligasi/quasi seperti obligasi konversi. dalam pasar modal syariah suatu kontrak yang tertulis, berjangka panlang, untuk membayar kembali seluruh nilai utang pada tanggal tertentu dan membayar sejumlah keuntungan secara periodik menurut akad atau suatu bukti penyertaan dana dalam jangka panjang (seperti pasar modal), tetapi dapat ditarik kembali sesuai akad.
3.      Al-murabahah untuk jual beli barang investasi atau bahan baku dimodal kerja
Murobahah adalah jual beli barang pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang disepakati.
            Modal ventura dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembiayaan diluar kredit perbankan yang tidak bertentangan dengan Alqur’an Hadist, terutama dalam hal riba sehingga modal ventura dapat dijadikan alternatif pembiayaan yang islami.
I.       Prospek modal ventura
Prospek usaha modal ventura di indonesia sangat besar, terutama setelah setelah diberikanya kemudahan bagi PMV untuk lebih mengembangkan usahanya akibat runtuhnya sistem konglomerasi yang disebabkan oleh badai krisis okonomi yang berkepanjangan.
a.       Prospek jangka menengah iklim dan bisnis
Modal ventura adalah investasi dana. Semakin cerah masa depan ekonomi negara akan semakin bergairah pada penanaman modal untuk ikut dalam kegiatan modal ventura. Modal ventura diberi kemudahan oleh pemerintah untuk mendayagunakan usaha kecil dan menengah pasca kerusuhan bulan mei 1998 merupakan prospek usaha yang sangat baik untuk dikembangkan bagi PMV.
b.      Minat investasi para pemilik modal
Kebiasaan pemilik modal untuk menanamkan dananya pada usaha yang kurang beresiko (pembelian tanah, rumah, perhiasan) merupakan penghambat suburnya usaha modal ventura disuatu negara.besarnya suku bunga deposito berjangka yang mengakibatkan malasnya orang untuk berusaha dimasa sulit.
c.       Tingkat balas jasa modal yang berlaku dipasaran
Tingkat pengembalian balas jasa modal yang berlaku dipasaran terlalu tinggi dibandingkan dengan jumlah deviden yang secara rata-rata dapat dijanjikan oleh para pemilik proyek, ditinjau dari segi keuangan modal ventura akan sanagat menarik.
d.      Semangat pioner
perusahaan besar kesediaan perusahaan-perusahaan besar mau menampung ide atau penemuan baru dengan pemrakarsa produk pengembangan tersebut, merupakan sumbangan kearah suburnya modal ventura. Pemilik modal akan merasa lebih aman untuk mengikutsertakan modalnya pada sebuah inovasi produk baru yang mendapat dukungan dari perusahaan yang sudah punya nama.
e.       Perlindungan hak paten
Jaminan hak paten untuk penemuan-penemuan baru tidak mudah ditiru oleh perusahaan saingan merupakan faktor lain yang mempengaruhi kesediaan pemilik modal untuk mengikutsertakan dana pada badan usaha yang mengelola hasil inovasi baru. Dikeluarkanya UU RI No.13 tanggal 07 mei 1997 tentang paten, dapat dijadikan modal awal bagi pemrakarsa suatu produk untuk mengembangkan ide yang dipunyai dengan dukungan PMV. UU tersebut sebagai perlindungan bagi penemu/penggagas suatu produk apabila akan dikembalikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar